Diktat Mata Pelajaran untuk Sekolah Dasar

PENYUSUNAN DIKTAT

 

Pada hakikatnya diktat adalah buku pelajaran yang masih terbatas, baik dalam jangkauan penggunaan maupun cakupan isinya. Ada bebarapa hal yang membedakan antara diktat dengan buku pelajaran, yaitu:

1.            diktat umumnya disusun oleh guru untuk keperluan mengajar muridnya sendiri;

2.            diktat diperbanyak dan diedarkan dalam jumlah yang terbatas;

3.            cakupan isi diktat umumnya terbatas;

4.            pada umumnya diktat setelah disempurnakan menjadi buku pelajaran.

 

Dari penjelasan di atas dapat dimengerti bahwa kerangka isi diktat tidak berbeda jauh dengan isi buku pelajaran. Akan tetapi, karena masih digunakan di kalangan sendiri, beberapa kerangka isi biasanya ditiadakan. Berikut ini bagian-bagian yang seharusnya tersaji dalam sebuah diktat.

 

Bagian Pendahuluan:

Daftar Isi

Penjelasan Tujuan Diktat Pelajaran

 

Bagian Isi:

Judul Topik atau Isi Bahasan

Penjelasan Tujuan Bab

Uraian Isi Pelajaran

Penjelasan Teori

Sajian Contoh

Soal Latihan

 

 

Bagian Penunjang

Daftar Pustaka

 

Penyusunan diktat dapat diusulkan untuk memperoleh angka kredit bagi guru sebagai unsur pengembangan profesi. Bagi guru kelas, satu diktat mapel tertentu yang disusun untuk kelas tertentu dihargai dengan nilai 1.

Misalnya:

Guru X menyusun diktat Matematika untuk kelas VI Tahun Pelajaran 2007/ 2008, Guru X dapat memperoleh nilai 1 dari diktat tersebut. Pada Tahun yang sama Guru juga dapat memperoleh angka kredit dari penyusunan diktat pada kelas yang sama untuk mata pelajaran lain, yaitu Diktat Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PKn, Bahasa Jawa. Akan tetapi, apabila pada tahun pelajaran yang sama Guru X juga menyusun diktat mapel tertentu untuk kelas V, diktat kelas V yang disusunnya tidak dapat diusulkan untuk memperoleh angka kredit karena Guru X pada tahun pelajaran tersebut mengajar kelas VI.

Jika pada tahun pelajaran berikutnya Guru X menyusun diktat yang sama karena masih mengajar di kelas VI, diktat-diktat yang disusunnya tidak dapat diusulkan untuk memperoleh angka kredit. Jika Guru X menyusun diktat mapel yang sama untuk kelas V atau kelas lain (bukan kelas VI) pada tahun pelajaran berikutnya karena pada tahun tersebut Guru X diberi tugas mengajar kelas V atau lainya (bukan kelas VI), diktat-diktat yang disusunya tersebut dapat diusulkan untuk memperoleh angka kredit sebagai unsur pengembangan profesi dan setiap diktat untuk satu tahun akan diberi nilai 1.

Jadi, menyusun diktat selain memudahkan guru dan siswa memperoleh materi ajar, sesungguhnya merupakan cara termudah bagi guru (baca: guru kelas) untuk memperoleh angka kredit sebagai unsur pengembangan profesi.

 

 

 

Daftar Bacaan:

 

DR Mulyadi H.P, M. Pd.     2005. Buku Sebagai Unsur Angka Kredit pada Pengembangan Profesi Guru. (Makalah). Semarang: LPMP

Suhardjono dkk.     1995. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Direktorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis Dikbud.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

15 Balasan ke Diktat Mata Pelajaran untuk Sekolah Dasar

  1. MUHAMMAD berkata:

    terima kasih sebagai bahan bacaan dan pengayaan

  2. Saif berkata:

    Bisa berikan contoh diktat mata pljrn ipa klu g ada trsrh apa ja. Trim

  3. see teen pee berkata:

    now I’ll be in touch..

  4. lukito berkata:

    pakmul terima kasih atas informasi tentang diktat namun agar lebih jelas saya mohon untk diparingi contoh DIKTAT guru SD yang sudah jadi peserta FIG Randublatung LUKITO SD SAMBONGWANGAN 4 Trim

  5. azis nurwantoro berkata:

    Bisa berikan contoh diktat mata pljrn ipa

  6. azis nurwantoro berkata:

    Bisa berikan contoh diktat mata pljrn ipa, terima kasih

  7. nardy berkata:

    Ya,,, It’s very good… Guru seharusnya mampu mengembangkan dan menemukan metode mengajar dengan mengadopsi media pembelajaran maupun perangkat pembelajaran, termasuk juga merancang buku acuan dan referensi bagi siswa didiknya untuk meningkatkan mutu pendidikan….

  8. Lukito,S.Pd.SD berkata:

    Pak Mulyadi terima kasih pemberian informasi mohon kirimi contoh dikta SD atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

  9. Sartana berkata:

    Saat ini sudah banyak Pra Guru yang menduduki jabatan fungsiolal dengan golongan IV/a dari berbagai kualifikasi pendidikan SLA,D.2 dan S.1 namun enggan untuk mengembangkan profesinya dengan pembuatan PTK dan sejenisnya,sehingga mentok untuk naik jabatan tersebut ada yang masa kerjanya 4,6 tahun bahkan 8 tahun lebih dan masa pensiun masih lama.Maka mohon kiranya bimbingannya dan untuk memotivasi dengan yang berwenang untuk terjun ke lapangan sudi memberikan bimbingan teknis secara kelompok maupun perorangan ,(atau mungkin sama sekali tidak tahu prosedur untuk membuat ptk atau sejesisnya sehingga masa bodoh ) termasuk saya

  10. tri toro berkata:

    pak sebenarnya saya masih bingung untuk menyusun diktat,tolong beri contoh dalam menyusun diktat

  11. jehon berkata:

    Bagai mana cara menbuat diktat berikan contoh

  12. jehon berkata:

    ya saya mau contoh diktat

  13. jehon berkata:

    mau contoh bagiman caranya

  14. kamila siswati berkata:

    terimakasih saya akan mencoba

  15. 09091967 berkata:

    terimakasih atas bantuan anda semoga banyak manfaatnya, dan saya akan mencoba…..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s